Keunggulan Polyflex

Sablon polyflex adalah teknik sablon terkini, yang sedang menjadi tren. Karena prosesnya yang cepat, serta mampu menampilkan warna-warna solid yang sulit dilakukan dengan proses sablon manual (screen printing).

Proses pembuatan sablon polyflex terbilang cepat. Setelah dibuat desain, lalu print desain tersebut dalam mesin cutting dengan media kertas/ vinyl khusus untuk garmen. Kemudian materi yang sudah dicutting tadi tinggal di press bareng media garmen/ kaosnya.

Meskipun memang sablon polyflex punya banyak keunggulan. Namun untuk membuatnya selalu awet di kaos, ternyata butuh perawatan yang tepat. Karena jika tidak, justru bahan polyflex nya akan mudah lepas, atau juga pudar.

Nah, untuk bisa mengetahui apa saja yang perlu kita lakukan agar sablon polyflex di jersey atau kaos kita senantiasa awet, berikut adalah langkah – langkah yang perlu anda lakukan, seperti diulas oleh Spartees.id:

Micaela Parente G0vUgv W5g4 Unsplash 1024x680
  • Hindarkan dari mesin cuci

Musuh utama sablon polyflex adalah mesin cuci. Sehingga langkah perawatan pertama, yaitu menghindarkannya dari mesin cuci.

Untuk mencuci jersey/ kaos dengan sablon polyflex, anda bisa melakukannya secara manual atau menggunakan tangan. Karena, penggunaan mesin cuci bisa menarik-narik polyflex, sehingga akan mengurangi daya lenturnya, serta teksturnya.

Selain itu proses cuci dengan mesin yang bercampur dengan bahan kain lain, sangat rawan gesekan. Sehingga mampu membuat polyflex lecet dan pudar.

Ketika mencuci secara manual, anda juga perlu memperhatikan prosesnya.

Jangan merendam terlalu lama. Usahakan proses perendaman, hanya 5-10 menit saja. Karena, terlalu lama direndam bisa mempengaruhi daya rekat polyflex ke kain.

Kemudian untuk sabun cuci, hindari juga mengandung pemutih. Karena sabun berjenis ini akan berpotensi merusak sablon polyflex.

  • Hati-hati ketika menyikat

Bisa jadi akan ada noda membandel tepat di bagian polyflex. Sebenarnya, Spartees sangat tidak menyarankan untuk menyikatnya. Namun jika tidak ada pilihan lain, maka anda harus menyikatnya dengan lembut dan perlahan.

Hal tersebut dilakukan guna untuk menghindarkan sablon polyflex rusak, bahkan terkelupas.

Disamping, anda juga harus memperhatikan jenis sikat yang akan dipakai. Jangan menggunakan jenis sikat yang berbulu kasar dan kaku.

Kami menyarankan, anda bisa memakai sikat gigi, yang memiliki bulu lebih halus dan lembut, dibanding sikat khusus pakaian yang relatif lebih kaku.

Volha Flaxeco  BiXLzpVHao Unsplash 683x1024
  • Memperhatikan cara pengeringan

Selanjutnya,setelah dicuci dengan baik, cara merawat sablon polyflex selanjutnya, adalah dengan memperhatikan proses pengeringan. Jangan pernah sekalipun anda memelintir kaos dengan sablon polyflex untuk mengeringkannya. Karena ini bisa membuat tekstur polyflex nya rusak.

Untuk bisa mengeluarkan sisa bekas air cucian, anda cukup peras-peras dengan lembut di bagian yang tidak terdapat sablonan polyflex nya. Kemudian  bisa digantung di luar ruangan dengan sisi sablon berada di bagian dalam.

Disamping itu, jangan menjemur kaos dengan sablon polyflex langsung di bawah paparan sianr matahari. Sebab hal ini, akan membuar sablon polyflex anda berpotensi kering dan pecah – pecah. Karenanya, cukup diangin –anginkan saja ketika menjemur.

  • Jangan setrika sablon polyflex

Hal terakhir yang wajib anda perhatikan, ketika merawat jersey/ kaos bersablon polyflex, adalah dengan menghindarkan bagian sablon polyflex dari setrika.  Karena, menyetrika bagian kain dengan sablon polyflex secara langsung berpotensi merusak polyflex nya sendiri.

Saran dari Spartees.id. jika memang anda ingin menyetrika bagian kaos yang anda sablon polyflex nya, maka anda bisa melapisinya dengan kain kaos lain sebagai alas. Hal tersebut demi mencegah panas berlebihan yang berasal dari setrika nya. Karena, jika sablon polyflex terpapar besi panas setrika secara langsung, maka akan bisa meleleh dan terangkat dari kain, serta menempel ke alas setrika nya.

Selama berbagai cara merawat kaos sablon polyflex di atas sudah dijalankan dengan benar, maka risiko sablon polyflex menjadi rusak akan terhindarkan. Namun, jika memang kondsi sablon polyflex sudah jelek, ada baiknya melakukan perbaikan dengan membawanya ke jasa sablon polyflex terdekat. Bagi kalian yang ada di wilayah Malang dan sekitarnya, bisa langsung ke Spartees.id yang ada di jalan Joyoraharjo No. 113, Merjosari, Kota Malang, (+6285335055099).


Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us